Apa Anda baru saja belajar blogspot, dan kebetulan sedang  mencari informasi tentang cara yang mudah dan benar untuk mengganti template blogspot, atau pun theme xml situs blog supaya bisa terlihat lebih rapi? Perlu Anda tahu nih, bahwa meskipun tutorial mengganti template blogspot kerap kali dijelaskan oleh Google, akan tetapi pada kenyataannya sebagian orang, alias blogger pemula masih kebingungan cara mengganti template blogger dan mungkin saja alami masalah seperti, bentuk template yang berubah jadi tidak rapi, peletakkan widget berantakan, dan lain sebagainya.
Nah, sesuai dengan judul di atas, maka tutorial kali ini akan membahas tentang langkah mudahnya mengganti template yang benar untuk blogger pemula. Silakan di simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Langkah Mudah Mengganti Template yang Benar untuk Blogger Pemula

Mengganti template blogspot via upload template

Mengganti template blogspot melalui metode satu ini bisa dibilang sudah sangat benar sekali, akan tetapi masih kurang baik sebab widget yang dipasangkan sebelumnya akan tertinggal, dan menyatu pada template blogspot yang baru. Sehingga yang demikian tersebut kadang kalanya jadi penyebab utama tampilan template pada blog Anda jadi berantakan, alias tidak sesuai dengan demo aslinya. Namun Anda juga tak perlu khawatirkan hal ini, sebab untuk merapikannya kembali, Anda butuh waktu dan skill codding.
Langkah mudahnya mengganti template yang benar via upload yang pertama adalah dengan melakukan log-in ke blogger – template – back-up – pilihlah file template xml yang tersedia – klik upload – selesai.
Tetapi apabila Anda kurang berminat dengan cara di atas, juga ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mengganti template blogspot yang tak kalah mudahnya. Misalnya saja dengan menggunakan metode copy dan paste kode template seperti berikut. Langkah mengganti template ini yang pasti akan memberikan proses pergantian template yang mulus tanpa gangguan apapun. Sehingga sangat efektif sekali untuk mengganti template blog Anda.

Mengganti template blogspot via copy dan paste kode template

Bisa dibilang, ini adalah salah satu langkah atau metode yang sangat baik dan benar, karena tidak menyebabkan perubahan pada template blog Anda. So, simak baik – baik langkah – langkahnya ya!
·        Pertama – tama, silakan Anda cari dan download template blogger yang Anda inginkan.
·        Kemudian pilihlah extract file zip untuk buka folder template.
·        Pilih juga file xml atau template blogger.
·        Lalu lanjutkan dengan mengeklik kanan di template, dan memilih open with notepad dan copy semua kode template.
·        Log-in ke blogger, kemudian pilihlah template dan edit html.
·        Select all, lalu hapus saja semua kode template yang lama Anda.
·        Paste kan kode template baru, terakhir save template-nya.
·        Selesai.
Selain memperhatikan langkah mengganti template di atas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan setelah mengganti template blogspot. Sebab, yang demikian ini menyangkut keberadaan situs blog Anda di serp atau pun search engine result page. Dan yang harus Anda lakukan di sini setelah mengganti template untuk blog Anda diantaranya sebagai berikut:
·        Memasangkan kembali kode Google Analytics.
·        Memasangkan kembali kode verifikasi webmaster tool.
·        Memasangkan kembali widget dan menu situs blog.
·        Memasangkan kembali kode iklan bila situs Anda sudah dimonetize sebelumnya.
Nah, itu tadi beberapa langkah mudah mengganti template yang benar untuk blogger pemula. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.